Jumat, 09 Oktober 2015

Grace Elisabeth S - buku ke 1



 Keluarga Super Irit 1

Nama siswa                    : Grace Elisabeth S
Kelas/no                          : VII-7/16
Judul buku                      : Keluarga Super Irit 1
Tgl mulai menulis            : 7 September 2015
Tgl selesai menulis          : 2 Oktober 2015
Pengarang                     : E-room
Penerbit                          :  PT Buana Ilmu Populer
Jumlah halaman           : 214 halaman
Tahun terbit                    : 2013
Jenis buku                      : fiksi
Keluarga Super Irit 1
Keluarga yang satu ini sangat mengirit segala sesuatu. Mereka akan melakukan apa saja hanya untuk mengirit uang. Papa sedang dipotong gajinya, jadi, mereka sekeluarga harus pindah rumah ke rumah yang berkamar satu dan mengurangi pengeluaran keuangan untuk menghemat uang. Papa dan mama mempunyai anak kembar bernama Sogeum dan Deollong. Kedua anak kembar mereka mempunyai sifat yang berbeda. Sogeum adalah anak yang mengerti bahwa irit dan menghemat adalah suatu hal yang penting. Lain dengan Deollong yang nakal dan berprinsip jika Sogeum kaya maka ia akan kaya juga.
Dalam cerita 4, anak kembar itu akan berulang tahun. Mama dan papa ke warnet untuk mencari film gratis dan makanan gratis untuk merayakan ulang tahun anak mereka. Namun, film yang diputar sangat membosankan dan Deollong merusak kue tart sehingga acara pada hari itu berantakan.
Pada cerita 5, karena papa naik sepeda untuk ke kantor, papa diejek temannya dan mereka bertanding untuk menuju ke kantor. Namun teman papa yang naik mobil terjebak macet sedangakn papa yang naik sepeda dapat terus ke kantor.
Pada cerita 6, Deollong yang sangat ingin minum susu mengumpulkan kotak susu bekas diminum teman – temannya dan meminum sisa susu di kotak susu tersebut.
Dalam cerita 7, Sogeum membuat krayon dari krayon sisa. Deollong dan papa yang melihatnya lalu tertarik dan ikut mencobanya namun gagal.
Dalam cerita 8, mereka sekeluarga bersama – sama membuat sabun. Dalam cerita 9, keinginan untuk melihat tv membuat keluarga itu memutuskan untuk membeli tv yang kecil. Namun, harus melihat sejarak 3,5 m sehingga mereka melihat tb diluar rumah karena rumah mereka sangat kecil.
Dalam cerita 10, Sogeum dan Deollong ikut lomba lari. Sebelum itu, papa berjualan arum manis yang berbentuk aneh. Dalam cerita 11, karena beli sawi di internet lenih mahal ongkos kirimnya, papa pergi ke tempat penjualannya yang jauh hanya untuk mendapatkan sawi yang murah.
Dalam cerita 12, keluarga tersebut membeli ikan dan apel semurah – murahnya untuk di persembahkan. Dalam cerita 13, ayah mengetahui ayahnya akan datang semingu lagi karena dia ulang tahun. Mereka mengumpulkan uang untuk membeli kado. Namun, karena Deollong menghadiahkan terapi dari tutup botol, saat kakek mencoba, membuat kakek kesakitan lalu terjatuh dan membuat kacamatanya pecah.
Dalam cerita 14, Deollong mengikuti Sogeum untuk mencari uang dengan membantu warga sekitarnya yng kesusahan. Dalam cerita 15, demi Deollong dan Sogeum yang ingin menonton, paman mendonorkan darahnya yang akan diberi tiket nonton untuk gantinya.
Dalam cerita 16, papa dan Deollong pergi ke pemandian umum. Banyak sabun kecil yang tersisah sehingga mereka kumpulkan dan menggosok badan mereka memakan sabun gratis.
Dalam cerita 17, ada teman Deollong yang memamerkan kekayaannya. Karena tak terima, Deollong menunjukkan uang hasil kerjanya. Namun ternyata uangnya hilang. Ia mengira ada teman yang mencuri uangnya. Setelah dihitung, yang menghabiskan uang itu adalah Deollong sendiri.
Dalam cerita 18, Deollong tak ingin kehilangan uangnya sehingga ia menjaga uangnya yang berada dalam suatu tabung dengan ketat. Papa menyarankan agar uang itu disimpan dalam bank. Esoknya terdengar kabar bahwa ada pencurian uang di bank sehingga Deollong pergi ke bank dan menjaganya.
Dalam cerita 19, mereka berhasil pindah ke rumah dua kamar sehingga Sogeum dan Deollong tak tidur dengan orang tua mereka lagi. Namun, kakek dan paman datang sehingga Deollong dan Sogeum tak tidur berdua saja. Mereka berencana untuk lebih hemat dan pindah ke rumah 3 kamar.
Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar