Senin, 02 November 2015

David Vincent Hartono - buku ke 1



                      wisata jepang
Nama                 : david vincent hartono
Kelas/NO            :Vii-7/10
Judul buku : perjalanan wisata jepang  (mengenal ragam budaya dan geografi)
Pengarang      : joe fullman
 alih bahasa    : alfawzia nurrahmi
penerbit             :tiga serangkai
tahun terbit   : 2008
jumlah halaman :32
jenis buku          : non fiksi panduan wisata

LETAK JEPANG
    Jepang terdiri atas gugusan pulau di sebelah timur Benua Asia. Jepang adalah negara dengan jumlah pegunungan yang sangat banyak. Seluruh wilayah negara ini dikelilingi oleh lautan. Jepang berbatasan dengan :
-          Selat La Perouse di sebelah utara
-          Laut Jepang di sebelah barat
-          Laut Filipina di sebelah selatan
-          Samudra Pasifik di sebelah timur
    Negara tetangga Jepang lainnya adalah Korea Utara, Korea Selatan dan China, yang terletak di seberang lautan, tepatnya di sebelah barat Jepang. Tak ketinggalan pula Taiwanm yang berada di sebelah barat daya Jepang. Jepang merupakan negara terbesar ke-62 di dunia, tetapi negara ini memiliki populasi terbesar ke-10 di dunia, dengan jumlah penduduk lebih dari 120 juta jiwa. Hampir seluruhnya tinggal di berbagai kota di Jepang.

OLAH RAGA POPULER DI JEPANG
    Di Jepang, masyarakat menggemari olahraga tradisional, seperti sumo dan judo. Minat masyarakat Jepang terhadap olahraga tradisional tersebut sama besarnya dengan minat mereka terhadap olahraga internasional modern, seperti bisbol dan sepak bola.
Sumo
    Sumo 
    sumo adalah jenis olahraga gulat Jepang yang sangat menarik dan populer. Para pesumo berhadapan satu sama lain di dalam sebuah ring yang dibatasi dengan tali. Untuk menjadi pemenang, seorang pesumo harus dapat mendorong lawannya keluar dari ring atau menjatuhkannya ke lantai. Pesumo mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar. Bobot terberat mereka dapat mencapai 180 kilogram. Mereka mengenakan kain pinggang atau cawat yang disebut dengan “ fundoshi”. Jawara sumo merupakan sosok yang dipuja-puja di negara itu layaknya selebriti.
    Judo
    Sama halnya dengan sumo, judo juga merupakan jenis olahraga gulat. Para pejudo berusaha membanting lawannya ke tanah menggunakan berbagai tarikan dan gerakan. Judo merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Badan pejudo jauh lebih kecil dibandingkan dengan badan pesumo. Pada pejudo biasanya memakai pakaian berwarna putih yang berupa atasan berpotongan longgar dan celana panjang.
Kendo
Kendo adalah semacam adu pedang menggunakan pedang yang terbuat dari bambu. Para peserta pertandingan menggunakan pelindung dada dan topeng untuk menjaga diri mereka dari kemungkinan terluka. Untuk menjadi juara dalam pertandingan kendo, kalian harus menusukkan pedang ke kepala atau dada lawan kalian.

MAKANAN KHAS JEPANG
    Jika bepergian ke Jepang, kalian akan mendapati berbagai macam makanan. Namu, ke manapun pergi, kalian akan selalu menemukan nasi. Nasi adalah makanan pokok di Jepang dan makanan yang paling sering dihidangkan. Istilah untuk menyebut makanan di Jepang adalah “gohan”, yang juga berarti nasi. Karena orang di Jepang memakai sumpit untuk makan, nasi dimasak sedemikian rupa sehingga menempel satu sama lain dan membuatnya jauh lebih mudah untuk diambil dengan sumpit.

Penghasil Ikan
    Bangsa Jepang mempunyai kapal penangkap ikan terbanyak dan juga merupakan bangsa pengonsumsi ikan terbanyak di dunia. Penangkapan ikan dilakukan di sekeliling garis pantai Jepang yang panjang dan di laut lepas. Ikan juga dibududayakan di perairan darat, yaitu wilayah perairan yang memisahkan tiga dari empat pulau terbesar di Jepang. Ketiga pulau itu adalah Pulau Honshu, Pulau Shikoku dan Pulau Kyushu.

Makanan dan Minuman Paling Digemari
    Seluruh wilayah Jepang terdapat sejumlah makanan lezat yang sudah umum bagi masyarakat, misalnya miso, sushi, tempura dan teh hijau. Miso adalah campuran kedelai dan barley, yang sering digunakan sebagai penyedap sup. Sushi merupakan segumpal kecil nasi yang sudah dingin, biasanya disajikan bersama potongan ikan mentah, kerang dan rumput laut.  Tempura adalah nama yang diberikan untuk kerang dan sayuran yang digoreng dalam balutan adonan tipis yang renyah. Sementara itu, teh hijau menjadi salah satu minuman paling populer di Jepang. Teh hijau biasanya disajikan tanpa tambahan susu atau gula.

Perubahan Pola Makan
    Pola makan penduduk Jepang telah berubah dalam kurun waktu lima puluh tahun terakhir. Sekarang makin banyak warga Jepang yang mengonsumsi daging, roti dan produk olahan susu. Di berbagai kota di Jepang , juga banyak terdapat restoran waralaba yang menjual makanan cepat saji ala Barat yang sangat populer. Meskipun begitu, hampir semua orang Jepang masih menerapkan pola makan sangat sehat. Jepang merupakan negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Hai ini berkat makanan sehat yang dikonsumsi para warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar