Senin, 25 Januari 2016

Prishcilia Iwasil - semester genap



Kamis, 14 Januari 2016
·       Nama siswa           :  Prishcilia Iwasil
·       Kelas                       :  VII-7/ 27
·       Judul Buku            :  Ilmuan Besar
·       Penerbit                        :  Ensiklopedia Tematis
·       Penulis                   :  Jacqueline Fortey
·       Thn penerbit         :  2007
·       Jumlah hal.            :  71 halaman
·       Jenis Buku             :  Non-Fiksi

ISI :
Ada beberapa Ilmuan Besar (terkenal). Akan disebutkan tokoh yaitu Aritoteles, Archimedes, Zhang Heng, Ibnu Haitam, Roger Bacon. Akan dijelaskan dan didetailkan lebih mendalam tentang para tokoh ini.
1.   ARITOTELES
Aritoles adalah salah satu murid pusat pembelajaran yang bernama Akademi di Ibukota Yunani, Athena. Aritoteles tertarik pada hal yang dapat dipelajari secara langsung dari dunia secara fisik. Ia membagi ilmu pengetahuan ke dalam bidang yang berbeda dan menulis sebuah buku, Phisics, yang menggambarkan cara mempelajari alam, Aritoteles mengamati benda2 dan makhluk hidup untuk melihat hubungannya satu sama lain dan membentuk urutan yang lebih besar.
2.   ARCHIMEDES
Archimedes adalah orang yang menyembunyikan tulisan2 orang genius dalam bidang matematika. Archimedes bangga atas karyanya dalam bidang matematika, khususnya tentang cara mengukur volume bola. Ia juga menggunakan matematika untuk menjelaskan prinsip dibalik pengungkit, katrol, dan aspek penting lainnya. Archimedes merupakan orang yang ahli merancang mesin untuk mengangkat air dan barang2 berat denagn sdikit usaha.
3.   IBNU HAITAM
Tahun 762, kota Bagdad, Irak, menjadi ibutoka kekaisaran islam yang dikuasai oleh Kekhalifahan Abbasiyah. Ibnu Haitam, di dunia Barat dikenal dengan  Alhazen dari Basra, ahli dalam bidang fisika, matematika (khusus geometri), kedokteran, dan astronomi. Ia sering dianggap sebagai penemu ilmu pengetahuan tentang optika, ketika melakukan percobaan untuk menyelidiki refleksi dan refraksi (cahaya yang membelok), dan digunakan matematika untuk menganalisis hasilnya.
4.   ROGER BACON
Nama “Dokter Mirabilis”, yang berarti guru yang hebat, merupakan nama panggilan yang diberikan bagi filsuf Abad pertengahan, Roger Bacon. Ia merupakan seorang yang berapi api, pekerja keras, dan seorang pencari keadilan yang tekun, ketika Eropa masih ketinggalan dari bangsa Arab dalam dunia ilmiah. Roger Bacon mengajar di Universitas Paris dan Oxford, sebagai biarawan Fransiskan. Ia mengumpulkan semua gagasannya tentang matematika, fisika, tata bahasa, dan silsafat ke dalam sebuah buku besar yang berjudul Opus Majus. Tapi usahanya sia2 karena paus meninggal sebelum is dapat membaca ikhtisar yang luar biasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar