Senin, 11 Januari 2016

Selyna Jusefine - 1 - semester genap



Nama : Selyna Jusefine
Kelas/no : VII-7 / 31
Judul buku : Menjadi individu yang diinginkan setiap tim
Jenis buku : non fiksi
Pengarang : John.C. Maxwell

                Menjadi INDIVIDU YANG DIINGINKAN TIM
Jika kita mau bekerja sama dengan baik dan menjadi pemain tim yang baik , kita harus melakukan beberapa hal berikut : bersedia beradaptasi , mampu berkolaborasi, berkomitmen, komunikasi, bersikap kompeten, dapat diandalkan, disiplin.
Beradaptasi
Kunci pertama dari menjadi pemain tim yg baik adalah mampu beradaptasi. Orang – orang yg mampu beradaptasi adalah : mau diajar,tentram secara emosional,kreatif dan berpikiran melayani. Agar kita lebih mampu beradaptasi: biasakanlah diri belajar,evaluasi peran anda, berpikir di luar garisnya.
Berkolaborasi
Selanjutnya adalah kolaborasi. Untuk menjadi pemain yg mampu berkolaborasi menuntut perubahan dalam 4 bidang , yaitu : memandang sesama tim sebagai kolaborator bukan kompetitor ; sikap mendukung ; tidak curiga kepada rekan sesama tim; konsentrasi pada tim bukan pada diri sendiri.
Untuk menjadi pemain yg mampu berkolaborasi : berpikirlah sama-sama menang , saling melengkapi, keluarkan diri anda dari gambar nya.
Berkomitmen
Komitmen ditemukan di tengah-tengah kesusahan, tidak bergantung pada bakat/ kemampuan, timbul karena pilihan bukan kondisi , bersifat kekal bila didasarkan pada nilai-nilai. Untuk meningkatkan tingakatan komitmen ; ikatlah komitmen dengan nilai-nilai anda , mengambil risiko, evaluasi komitmen rekan satu tim anda.
Berkomunikasi
Tim tidak dapat bekerja tanpa komunikasi. Tanpa komunikasi , tim hanya sekedar kelompok individu. Pemain yang mampu berkomunikasi : tidak mengisolasikan diri dari sesama nya, memudahkan rekan satu tim berkomunikasi dengan mereka , mengikuti aturan 24 jam, memperhatikan hubungan yg berpotensi konflik , menindak lanjuti komunikasi penting secara tertulis. Utk meingkatkan komunikasi diperlukan : bersikap terus terang, bersegeralah, bersikap inklusiflah.
Kompeten
Orang yg berkompeten memiliki kesamaan : berkomitmen terhadap kesempurnaan , tidak pernah puas dengan hasil rata-rata , memperhatikan hingga ke detail nya , berprestasi secara konsisten. Untuk meningkatkan kompetensi : fokuskan diri secara professional , perhatikan detail-detail nya berikan perhatian lebih besar pada pelaksanaan nya .

Dapat diandalkan
Untuk meningkatkan keterandalan anda: periksa motif-motif anda, temukan seberapa jauh perkataan anda dapat dipegang.

Disiplin
Kita perlu mengembangkan disiplin dalam 3 hal yaitu :
• Disiplin dalam pikiran
• Disiplin dalam perasaan
•Disiplin dalam tindakan.
Untuk dapat lebih berdisiplin kita perlu :
a) menguatkan kebiasaan bekerja
b) terima tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar